14 Contoh Lirik Lagu Populer yang Mengandung Majas Bahasa Indonesia

  • Jalan Pulang – Yura Yunita
  • Tenang-Yura Yunita
  • Takkan Terganti-Marcel Siahaan
  • Sempurna-Andra & The Backbone
  • Matahariku – Agnes Monica

Dalam menjuling lagu berjudul Waktu nan Salah ini Fiersa Besari memutuskan nunggangi kiasan metafora lalu personifikasi bagi lagu ciptaannya. Lirik lagu dekat atas dapat dimaknai bahwa ada kalanya suatu pertemuan berjalan dekat saat nan cacat tepat. Sebab, gara-gara pertemuan tersebut dapat membina perasaan yang tidak semestinya ada. Hal ini dikarenakan perasaan kasih sayang terkadang dapat mengutarakan luka lalu sakit hati bagi oknum parak.

  • Lupakan Cinta – Rossa
  • Manuk Dadali (Jawa Barat)
  • Rasine Ma Rasine
  • Gundul Pacul (Jawa Tengah)
  • Bila Rasaku ini Rasamu – Kerispatih
  • Cinta Sejati – Bunga Citra Lestari
  • Bahagia Bersamamu-Haico

Merupakan metafor nan digunakan seorang sastrawan atau kreator suatu karya tulis dalam menyerahkan suatu pemberitahuan tegas akan satu korban. Jenis gaya bahasa nan termuat dalam gaya bahasa pengukuhan antara berlainan majas pleonasme, gaya bahasa aliterasi, gaya bahasa retorika, majas pertepatan, gaya bahasa metonimia, dsb. Di bawah ini melahirkan jejak menggerek lagu logat Indonesia yang membawa berat metafor. Sebagai kronik, namun ditampilkan cuilan membolongi nan ada berona majas.

  • Saat Kau Telah Mengerti – Virgoun
  • Ojo Dibandingke
  • Bungong Jeumpa (Nanggroe Aceh Darussalam)
  • Senja Teduh Pelita, Maliq & D’Essentials
  • Rinduku Adinda – Protonema
  • I Love You 3000 – Stephanie Poetri

Penggalan mengerbuk lagu dekat atas membonceng majas personifikasi, melalui menggerek lagu dekat atas pencipta lagu menyadarkan bahwa sebaik-baiknya lingkungan kembali sama dengan untuk Tuhan Sang Pemberi Kehidupan. Selain itu melalui melubangi lagunya, sastrawan agak menegur menjumpai para penonton buat berkelaluan tetap hati sekaligus kukuh dalam bertanding setiap tamparan hidup. Bukan itu melulu, pereka terus mencecap membakar semoga mereka nan sedang ditimpa godaan kepada sering berpikir positif, sehingga dapat terjauhkan per dahaga sesaat yang dapat melahirkan penyesalan pada kemudian yaum.

  • Majas Sindiran
  • Jadikan Aku Yang Kedua-Astrid
  • Kenangan Terindah-Samsons
  • Ayat-Ayat Cinta-Rossa
  • Teman Bahagia – Jaz

Selain dapat dimaknai plus penyambutan, penggalan mencerling dekat atas dapat dimaknai demi bayangan kerinduan seseorang tentang rupa nan benar dicintainya. Penggunaan majas metafora sengaja dipilih redaktur akan mencetuskan puisi lagunya menjadi lebih hidup lalu maknanya dapat tersampaikan untuk mustamik. Majas dalam penggalangan lagu dalam atas memerlukan gaya bahasa personifikasi. Maksud penyair memerlukan gaya bahasa ini atas palar menyodorkan gambaran sekitar seseorang yang telah menciptakan wujud akan dicintai karena setulus roh.

  • Satu Senyum Saja – T A T O
  • Yamko Rambe Yamko
  • Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-baik Saja – Judika
  • Aku Di Matamu, Armada
  • Akhir Tak Bahagia-Miselia
  • Majas Pertentangan
  • Bisa Tanpamu-Andmesh
  • Isyana Sarasvati-Tetap Dalam Jiwa

Selain mudah-mudahan mewujudkan mengincar lagu yang dihasilkan menjadi lebih indah. Penggunaan gaya bahasa dalam mengincar lagu dapat mewujudkan pendengar lagu ada kebebasan untuk mengalihbahasakan peranakan bermula mengambal lagu tersebut. Majas sendiri melahirkan satu kerangka gaya tata krama yang digunakan bagi mencukupkan satu sikap sambil tujuan mendatangkan suatu ayat menjadi lebih hidup. Dalam penerapannya tempo-tempo sekali ditemui bahwa kiasan menyelenggarakan pembelokan daripada pelajaran faktual gara-gara sebuah sebutan yang digunakan.

  • Terlanjur Cinta – Cakra Khan & Hael Husaini
  • Laskar Pelangi-Nidji
  • Cinta Dalam Hati-Ungu
  • Ku Tak Bisa-Slank
  • Fatin – Dia Dia Dia
  • Menangis Tanpa Air Mata – Marion Jola

Selain itu bagian lirik dalam atas pula mencorakkan petaruh melalui penggubah lagu selama palas-palas pendengar supaya kunjung berlabuh mengkritik dengan mengira-ngira oknum parak. Selanjutnya melalui sempalan melubangi lagu pada atas editor meminta menjumpai pendengar kepada kembali mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sama gaya beribadah sebati lewat keyakinannya. Majas nan digunakan dalam penggalangan lagu dekat atas melukiskan gaya bahasa personifikasi. Di dalam menjuling lagu di atas menganugerahkan penguraian kerinduan seorang insan untuk jiwa hatinya.

  • Untitled – Maliq & d’Essential
  • Menjadi Dia – Tiara Andini
  • Menyesal – Yovie Widianto, Tiara Andini, Lyodra Dan Ziva Magnolya
  • Kenanglah Aku – Naff
  • Dia Yang Bertahan-Fade2Black

Merupakan metafor yang digunakan seorang periwayat atau kreator suatu karya tulis selama membandingkan satu gejala memakai wujud lainnya. Jenis gaya bahasa yang terbilang kiasan proporsi merupakan gaya bahasa tamsil, kiasan personifikasi, majas metafora, gaya bahasa metonimia, majas persekutuan, majas hiperbola, gaya bahasa analogi, gaya bahasa eufimisme, dll. Merupakan gaya bahasa nan digunakan seorang penyusun ataupun komponis suatu karya tulis mengundang parodi mengenai satu korban. Jenis metafor yang terhitung dalam gaya bahasa sindirian antara lain bak gaya bahasa sinisme, kiasan ironi, bersama majas sarkasme.